MAKALAH FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN



MAKALAH  FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN

FUNGSI DAN KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun Untuk Memenuhi Mata Kuliah Sumber Dan Media Pembelajaran
Dosen Pengasuh: Dr.Hambali,M.pd.

Disusun Oleh :
Rahmi . Z                                       (1502090007)
                                                            Selvia Gustina                            (1502090005)
                                                            Yurdian                                          (1502090006)
                                                            Yanis Akbar                                (1502090008)



JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN
2017-2018
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr.wb
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Azza Wajalla.karena berkat dan karunianya kami selaku penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu, penulis ucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah memberikan dukungan waktu dan material.tidak lupa juga penulis ucapkan terima kasih kepada teman – teman yang telah memberi masukan dan saran atas pembuatan makalah ini.
        Adapun isi  makalah yang di bahas adalah Media Pembelajaran,Dosen PengampuhDr. Hambali M.pd. Tujuan daripada penulis membahas tentang Media Pembelajaran,kerena melihat betapa pentingnya Media Pembelajaran untuk diketahui para siswa dan para pendidik.
     Penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna.masih banyak kesalahan yang terjadi pada penyusunan serta penulisan makalah ini.maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan penulis dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Terima kasih atas perhatiannya semoga bermanfaat bagi penulis dan pembacanya.








                                                                                                                        BUNGKAIH, 30 september 2017
                                                                                                                                      

                                                                                                                                                                     Penulis,


DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.    Rumusan Masalah
C.     Tujuan
BAB 2 PEMBAHASAN
A.    Fungsi Media Pembelajaran
B.    Kegunaan Media Pembelajaran
BAB 3 PENUTUP
Kesimpulan
Daftar Pustaka














BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru/fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Pada kenyataannya media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alas an, antaranya terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar,sulit mencari media yang tepat,tidak tersedianya biaya,dan lain-lain. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap guru telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengenangi media pembelajaran.
B.    Rumusan Masalah
Untuk mengetahui fungsi dan kegunaan media pembelajaran

C.     Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas sumber dan media pembelajaran serta menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.






BAB II
PEMBAHASAN
Fungsi  Dan Kegunaan Media Pembelajaran
Kata media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima (Heinich et.al., 2002; Ibrahim, 1997; Ibrahim et.al., 2001). Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan (Criticos, 1996). 
Berdasarkan definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Proses pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa (komunikan), dan tujuan pembelajaran. Jadi, Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.
A.     Fungsi Media Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima danmengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Hamalik yang di kutip Azhar Arsyad (2002: 15) mengemukakan bahwa “Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psokologis terhadap siswa".
Media pembelajaran, menurut Kemp dan Dayton dalam bukunya Azhar Arsyad(2002: 9) menyatakan bahwa “ Media pembelajaran dapat memnuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu:
Memotivasi minat atau tindakan
Menyampikan informasi
Memberi instruksi.






Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMFr-eUmRqHc-5Bl_YTsVfE7uQxEl7AWr_mA0npnKu1CbsAUsreJMVqh3DS9eHPuioB7c0fFfpxOBC5SOW_hamS5_x1E32gSxt5HbFdn-osLj4CUS9f9NI6_bm59xCEtfJEYJfnneLG0Wd/s1600/New+Picture.png

Sumber yang lain menyebutkan bahwa, fungsi media pembelajaran antara lain:
1. Menyampaikan informasi dalam proses belajar mengajar. 
2. Melengkapi dan memperkaya informasi dalam kegiatan belajar mengajar. 
3. Mendorong motivasi belajar. 
4. Menambah variasi dalam penyajian materi. 
5. Menambah pengertian nyata tentang suatu pengetahuan. 
6. Memungkinkan siswa memilih kegiatan belajar sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatnya. 
7. Mudah dicerna dan tahan lama dalam menyerap pesan-pesan (informasinya sangat membekas dan tidak mudah lupa) (Rohani, 1997: 9). 


B.     Kegunaan Media Pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Secara lebih rinci, media pembelajaran mempunyai kegunaan sebagai berikut:
1.     Memperjelas penyajian suatu pesan agar tidak terlalu bersifat Verbalistis.
2.     Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera seperti:
Ø  Obyek yang terlalu besar, dapat digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, gambar video, atau model.
Ø  Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film slide,gambar video atau gambar.
Ø   Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantudengan timelapse, highspeed photografi atau slow motionplayback video
Ø   Kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu dapatditampilkan lagi melalui rekaman film, video, atau foto.
Ø  Obyek yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model,diagram, dll.
Ø  Konsep yang terlalu luas dapat divisualkan dalam bentuk film,slide, gambar atau video.

3.     Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif siswa. Dalam hal ini mediapembelajaran berguna untuk:
Ø  Menimbulkan gairah belajar.
Ø   Memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan. 
Ø  Memungkinkan siswa belajar sendiri menurut minat dankemampuannya.

4.      Dengan sifat yang unik pada siswa juga dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda-beda, sedangkan kurikulum dan materipembelajaran yang sama untuk setiap siswa, masalah ini dapat diatasi dengan media pembelajaran dalam kemampuannya:
Ø  Memberikan perangsang yang sama.
Ø  Menyamakan pengalaman.
Ø  Menimbulkan persepsi yang sama.

5.     Efisiensi dalam waktu dan tenaga
Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian menggunakan media, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran.

6.     Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja
Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru.Perlu kita sadari waktu belajar di sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah.

7.     Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga banyak mamiliki waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar, dan lain-lain
Sudjana dan Rivai dalam bukunya Azhar Arsyad (2002: 24) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar siswa, yaitu:
a.      Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
b.      Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran
c.      Metode mengajar akan bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga tidak bosan da guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap pelajaran
d.     Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab hanya mendengarkan uaraian guru, tetapi juga aktivitas lain sperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.
Menurut Encyclopedia of Educatioanal Reseach dalam Hamalik yang dikutip Azhar Arsyad (2002: 25) merincikan manfaat media pendidikan sebagai berikut
Ø  Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berfikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme. 
Ø  Memperbesar perhatian siswa
Ø  Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembanganbelajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.
Ø  Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa. 
Ø  Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup. 
Ø  Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa 
Ø  Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi dan keragaman yang banyak dalam belajar. 
Selain itu, kontribusi media pembelajaran adalah: 
Ø  Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar. 
Ø  Pembelajaran dapat lebih menarik.
Ø   Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar.
Ø   Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek.
Ø  Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
Ø  Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan. 
Ø  Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat  ditingkatkan





















BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN DAN SARAN
1.     Kesimpulan
Dalam suatu proses belajar mengajar, ada unsur yang amat penting yaitu media pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media.
Media mempunyai manfaat dan fungsi sebagai sarana bagi guru untuk dapat menyampaikan materi pelajaran menjadi lebih menarik, tidak hanya monoton, siswa tidak hanya diajak untuk berhayal dan membayangkan saja tetapi siswa dapat melihat kenyataan walaupun hanya melalui gambar ataupun video.

2.     Saran
Sebaiknya bagi seorang guru dapat menggunakan media pembelajaran sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan dan motivasi belajar menjadi lebih meningkat.










DAFTAR PSUTAKA





Komentar

  1. MGM Resorts Casino - MapYRO
    Find MGM Resorts Casino and 김해 출장마사지 other local 여수 출장안마 landmarks in Las Vegas, NV. 영주 출장안마 MGM Resorts Casino Address: 777 Las 전라북도 출장샵 Vegas Boulevard South MGM Resorts Hotel 서산 출장샵 & Casino Hotel

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI, KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN KLASIFIKASINYA

PRINSIP-PRINSIP DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN